Pages

Subscribe:

Labels

Minggu, 27 Januari 2013

MOLAP


Definisi MOLAP
Multidimensional online analitycal processing (MOLAP) adalah proses menyimpan data dan aggregasi pada struktur data multidimensi. Struktur MOLAP ini tidak tersimpan pada datawarehouse tapi tersimpan pada OLAP server. Sehingga performa query yang dihasilkan olehnya sangat  bagus. Model penyimpanan ini sesuai untuk database dengan ukuran kecil sampai sedang.


Cara Kerja MOLAP
Cara kerja MOLAP secara umum dibagi ke dalam dua tahap sebagai berikut :
1. Tahap konstruksi dan populasi data, pada tahap ini sumber data akan dibaca, dilakukan perhitungan agegrasi (summary group) pada berbagai level dimensi, dan hasilnya akan disimpan di storage MOLAP. Jika objek data diperumpamakan dengan table, maka untuk satu cube akan banyak fragmen table yang isinya adalah detil agregasi dari level tertentu.
2. Tahap query atau layanan permintaan data analisis, pada tahap ini OLAP Server akan melayani permintaan query dari client dan membaca data dari storage MOLAP. Table yang akan dibaca adalah suatu fragmen yang akan disesuaikan dengan permintaan dari client. Pada fase query ini, jika OLAP Server terputus dengan data source tidak apa-apa karena sudah tidak ada kaitannya.

0 komentar:

Posting Komentar